..<< = More Info = >>..

Wednesday 22 October 2008

Rasa Unik Menu Kolaborasi

MAKAN di restoran dengan menu Nusantara dan internasional bukan hal baru. Sensasi lain akan terasa saat menikmati sajian kolaborasi dari berbagai negara. Ingin coba?

Menikmati hidangan tradisional, Nusantara, maupun internasional di restoran atau kafe tentu bukan hal baru. Bersantap bersama akan terasa berbeda jika menu yang dipilih unik dan jarang ditemukan di restoran atau kafe lain.
Keunikan menu itulah yang tersaji di Grand Tropic Restaurant yang terletak di Grand Tropic Suites Hotel, Jakarta.

Berbagai menu kolaborasi yang berbeda disajikan di restoran berkapasitas 70 kursi ini. Salah satu yang menjadi hidangan favorit adalah gurame tiga rasa.

Hidangan ini terinspirasi kolaborasi tiga negara, yaitu Thailand, China, dan Indonesia. Gurame sebagai bahan dasar terinspirasi dari gurame goreng ala Indonesia.

Saus dengan tiga rasa di dalamnya, yakni manis, asam, dan pedas, terinspirasi dari saus khas Thailand. Adapun daging ikan yang difilet dan digoreng, diilhami dari menu-menu asal China.

"Rasa asam khas Thailand kami ambil dari asam cuka dan buah nanas. Rasa manis saus kami ambil dari gula. Sedangkan untuk rasa pedas, tentu saja kami memakai cabai," kata Asisten Chef Grand Tropic Suites Hotel Irwan.

Menu kolaborasi tiga negara dengan tiga rasa saus berbeda itu, menurut Irwan, menggunakan ikan gurame berkualitas dan benar-benar segar.

"Kalau ikan tidak segar, masakan apa pun yang kami buat tidak akan terasa nikmat," kata chef yang pernah bekerja di Brunai Darussalam selama tiga tahun ini.

Selain gurame tiga rasa, restoran ini juga menyajikan menu unik lain. Salah satu yang harus dicoba adalah sup konro. Meski merupakan hidangan tradisional yang telah menjadi menu Nusantara, sup konro di restoran ini dibuat dengan kolaborasi rasa antara Jawa Timur dan Sulawesi.

"Sup konro identik sebagai hidangan Sulawesi. Konro dari Sulawesi, kami gabungkan dengan kluwek, bahan pembuat rawon dari Jawa Timur. Rasa sup konro kami benar-benar berbeda," kata Chef Irwan.

Walau sedang gencar mempromosikan menu kolaborasi yang unik, Grand Tropic Restaurant tetap tidak melupakan hidangan umum, misalnya tahu telur. Menu ini terbuat dari telur ayam negeri, lada bubuk, tepung maizena, dan bumbu pecel.

Tahu telur bisa dijadikan menu rekomendasi ketika berkunjung ke Grand Tropic Restaurant. Selain sehat dan mengandung kadar gizi tinggi, tampilan hidangan ini juga cantik.

"Biasanya hidangan yang terbuat dari telur berbentuk datar dan melebar. Tapi di restoran kami, telur dibuat dengan bentuk tinggi sehingga lebih menarik," kata Irwan.
(sindo//tty)

source : lifestyle.okezone.com

0 comments / Komentar:

Custom Search