..<< = More Info = >>..

Wednesday 22 October 2008

Hidangan Burung Unta Sehat dan Lezat

MENYAJIKAN menu lezat dan sehat bukan perkara gampang. Kuncinya adalah kelihaian tangan juru masak untuk memadupadankan bahan-bahan yang tersedia.

Anda yang gemar makan daging, tentu khawatir terhadap kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko pemicu terjadinya penyakit jantung koroner (PJK). Salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah konsumsi lemak yang berlebihan.

Namun, menghindari daging bukan tindakan bijak kecuali Anda penganut vegetarian. Pasalnya, daging merupakan sumber protein, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu jenis daging yang aman dikonsumsi adalah daging unta Australia. Sebagai daging unggas, daging burung unta aman untuk dimasak dengan tingkat kematangan sedang.

"Sebenarnya cara memasak daging unta itu mudah. Tapi, perlu memperhatikan cara pengolahannya karena kalau dimasak terlalu matang, maka daging unta akan semakin keras. Saran penyajian untuk mendapatkan rasa terbaik daging burung unta adalah hot and rare," sebut Sous Chef Hotel Novotel Semarang Aris Untung Wibowo.

Tema yang diangkat adalah "Going Healthy with Ostrich". Menu-menu berbahan dasar daging burung unta disajikan untuk memberikan pengalaman baru bagi pencinta kuliner. Demi kesempurnaan cita rasa, pemilihan daging menjadi perhatian utama. Daging burung unta yang dipilih merupakan daging fillet yang bertekstur lembut.

Chef Aris mengkreasikan daging burung unta itu ke dalam empat macam hidangan lezat, yaitu fillet ostrich with pink peppercorn and mandarin orange sauce, ostrich medallion vanilla sauce, stir fried ostrich, dan ostrich goulash. Masing-masing menu memberikan sensasi rasa tersendiri. Seperti menu fillet ostrich with pink peppercorn and mandarin orange, yang memadukan saus pink peppercorn dengan mandarin orange. Perpaduan dua jenis saus tersebut menghasilkan rasa asam manis pedas.

Saus rasa pedas berasal dari pink peppercorn yang merupakan jenis merica berwarna pink dengan cita rasa yang tidak terlalu pedas. Sedangkan rasa asam dihasilkan dari mandarin orange.

Jika belum puas menikmati ostrich with pink peppercorn and mandarin orange sauce, pencinta kuliner akan dihentak oleh menu bernama ostrich medallion vanilla sauce. Harmonisasi rasa gurih daging burung unta dengan manisnya saus rasa vanila bakal memacu adrenalin. "Pilihan rasa tersaji sesuai selera. Seperti stir fried ostrich, tumis daging burung unta yang menawarkan cita rasa Oriental, sedangkan penyuka cita rasa asam dapat memilih ostrich goulash," pungkas Chef Aris.
(sindo//tty)

source : lifestyle.okezone.com

0 comments / Komentar:

Custom Search