..<< = More Info = >>..

Wednesday 22 October 2008

Cake Untuk Bersantai Bersama Keluarga

SELAIN penampilan yang menarik, cake dikonsumsi karena rasanya yang enak. Cake makin menjadi hidangan ringan favorit bila disajikan dengan perhitungan kesehatan.

Bersantai bersama keluarga sambil menikmati sore tidak lengkap tanpa kehadiran secangkir teh hangat atau sepotong cake. Di berbagai negara maju di dunia, acara minum teh sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dilewatkan ketika senja menjelang. Seperti di Inggris, minum teh pada sore hari menjadi kebiasaan masyarakatnya. Banyak hidangan dapat disajikan dalam tradisi tersebut. Mulai kue kering, aneka buah, hingga berbagai jenis cake.

Tradisi minum teh di Indonesia mungkin belum lazim. Kebanyakan keluarga di Indonesia menghabiskan sore hari dengan menonton televisi. Namun, bagi para ibu yang kreatif, menghidangkan sajian menarik bisa dilakukan ketika keluarga berkumpul bersama. Banyak jenis hidangan ringan yang dapat dibuat, mulai aneka bubur, kue kering, roti bakar, hingga cake cantik dan sehat.

Untuk menyajikan hidangan ringan yang cocok untuk seluruh keluarga, tentu saja dibutuhkan kejelian. Apalagi jika keluarga tersebut mengedepankan sisi kesehatan. Beberapa cake sehat yang perlu dicoba dan disajikan di rumah, antara lain cake buah yang kaya vitamin dan serat, mambo roll cake atau vanilla roll cake.

"Untuk mendapatkan sebuah cake yang sehat, tentu bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya haruslah yang sehat juga," kata Pastry Chef Gran Cafe Jakarta Nurhidayat.

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh para ibu dalam membuat cake sehat dan cocok untuk seluruh keluarga. Di antaranya adalah memperhatikan kandungan gula di dalam cake, menakar kandungan karbohidrat, serta mempertimbangkan bahan lainnya.

"Kalau belum berpengalaman membuat cake, boleh saja meminta resep-resep pada orangtua atau teman. Karena biasanya resep keluarga telah teruji kualitasnya," sebut chef yang juga memiliki perusahaan katering khusus cake itu.

Cake, menurut Nurhidayat, bisa dibedakan menjadi dua jenis jika dilihat dari proses pembuatan dan resepnya, yaitu cream cake dan sponge cake. Cream cake proses pembuatannya diawali dengan mengaduk mentega atau margarin dengan gula.
Pengocokan dilakukan hingga berbentuk krim yang halus. "Cream cake biasanya menggunakan telur dan terigu sebagai bahan utama," sebutnya.

Untuk sponge cake, Nurhidayat menerangkan bahwa proses membuat cake jenis ini lebih sering diawali dengan mengocok telur dengan gula hingga mengembang. Proses ini harus benar-benar baik karena kualitas cake ditentukan dari pengocokan awal. Cake ini menggunakan telur yang banyak, tapi rendah lemak. Lemak yang digunakan biasanya terdiri atas mentega atau margarin.

"Pembuatan sponge cake lebih rumit dibandingkan dengan cream cake. Tingkat kegagalan sponge cake juga lebih tinggi. Bagi ibu rumah tangga yang belum berpengalaman, lebih baik mencoba membuat cream cake terlebih dahulu," tuturnya.
(sindo//tty)

source : lifestyle.okezone.com

0 comments / Komentar:

Custom Search