..<< = More Info = >>..

Wednesday 22 October 2008

Hidangan Modern Oriental

DI tengah "gempuran" menu-menu baru, menu lama tetap menjadi incaran para pencinta kuliner. Rasa menjadi alasan utama menu-menu lawas itu selalu disukai mereka.

Siapa tak kenal sapi lada hitam, filet ikan kakap, maupun daging filet ayam? Tiga menu tersebut adalah sebagian kecil hidangan yang sudah ada di Indonesia cukup lama. Meski bukan menu asli Nusantara, ketiganya disukai masyarakat kita.

Saptiwi Eni Sulastri, seorang konsultan perbankan yang kemudian mendirikan Sazu Resto, jeli melihat kecenderungan itu. Restoran yang dibuka 13 Juni 2005 dan berlokasi di Jalan Anggrek Nelimurni Raya, Kemanggisan, Jakarta Barat, itu memiliki varian menu Western dan Chinese yang cukup populer. Pemilik resto menamai konsep sajiannya sebagai modern Oriental.

Menu yang jadi andalan adalah sapi lada hitam. Menu berbahan baku daging sapi itu sudah ada di Sazu Resto sejak rumah makan ini berdiri. Menurut Head Chef Sazu Resto Suryana,sapi lada hitam selalu disajikan tiap hari lantaran pengunjung sering memintanya. "Banyak yang suka masakan yang sudah cukup familier ini sehingga order untuk memasak menu ini ada terus," kata Suryana.

Sapi lada hitam buatan Suryana sudah pasti menggunakan daging pilihan yang memiliki kualitas baik. Sesuai namanya, rasa lada akan mendominasi menu ini. Menu lain yang tidak kalah lezat bernama ikan kakap thailand.

Menu yang sangat kental rasa asamnya ini menggunakan campuran saus thailand sebagai pelengkap. "Kakap yang difilet kami pilih sebagai bahan utama karena kakap mempunyai tekstur daging yang lembut dan tidak berduri," ujar Suryana.

Restoran yang buka pukul 11.00-22.00 WIB ini memilih baby kailan abalon sebagai menu modern Oriental selanjutnya. Dalam menu ini terdapat bahan baku jamur abalon yang memiliki tekstur bagus dan besar.

Menu udang lada garam juga layak dicoba. Bumbu yang digunakan di antaranya daun bawang, bawang putih, dan cabai merah. Bahan bumbu tersebut dipotong kasar dan kecil sehingga menghasilkan butiran bumbu garing untuk ditaburkan di atas udang pancet yang sudah digoreng sebelumnya.

Ada lagi menu bernama ayam mayones keju. Menu ini merupakan hasil kreasi koki Sazu Resto. Ayam yang telah difilet dan digulung tepung dikreasikan dengan taburan keju dan mayones.

"Mayones yang dipilih adalah yang sudah dipasarkan, tapi kemudian oleh chef kami diolah kembali supaya rasanya tetap enak," tutur Supervisor Sazu Resto Daniel Kusumo.

Daniel menambahkan, semua jenis sayuran yang ada di Sazu Resto, khususnya sayuran yang digunakan untuk menu Oriental, dibeli di supermarket yang khusus menjual bahan-bahan masakan Asia yang terletak di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

"Karena semua bumbu dalam masakan Oriental menggunakan bahan yang fresh, maka setiap hari kami harus belanja ke sana. Kami selalu mementingkan kualitas dan kuantitas. Kami ingin senantiasa memberikan yang terbaik untuk pengunjung," kata Daniel.
(sindo//tty)

source : lifestyle.okezone.com

0 comments / Komentar:

Custom Search